Penghuni Lapas/Rutan Tetap Bisa Ikuti Ujian Nasional

ujian1

Ambon – Satu orang siswa SMA Negeri 45 Ambon berinisial W terpaksa menjalani Ujian Nasional (UN) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon, Selasa (11/4). Agar ujian berjalan lancar, pihak Rutan sengaja memilih tempat yang bersih dan jauh dari kebisingan, yakni Ruang Dharma Wanita.

Meskipun mengerjakan UN di Rutan, siswa tersebut tetap diwajibkan mengenakan seragam sekolah seperti siswa SMA biasanya. “Ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada WBP. Meski statusnya Tahanan, mereka masih bisa mendapatkan haknya untuk ujian,” kata Kepala Rutan Ambon, Irhamudin.

Bentuk lain dari perhatian yang diberikan pihak Rutan adalah memperbanyak buku di perpustakaan. “Kami ingin menumbuhkan minat baca sehingga bila ada WBP yang melaksanakan ujian akan lebih membantu dalam pembelajarannya,” lanjut Irhamudin.

Usai ujian, siswa W langsung keluar ruangan dan menyalami petugas. Ia pun langsung menuju ke Blok untuk mempersiapkan diri dan belajar mata pelajaran yang akan diujikan besok. (Humas)

 


Cetak   E-mail