Pertemuan Dengan Kemenkopolhukam R.I, Priyadi: KDRT Tertinggi

IMG 0036

Ambon, KUMHAM MALUKU – “Dari data yang ada pada kami baik itu di Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) pada Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham), bidang HAM maupun di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan Negara (Rutan) se-Maluku, angka kejahatan trennya meningkat dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 ini, dan kejahatan terbanyak berada pada kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak (KDRT).” Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Priyadi, saat menerima kunjungan kerja Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Republik Indonesia (RI), Jumat (16/6).

Lebih lanjut Priyadi menjelaskan bahwa tak hanya kasus KDRT di atas saja yang mendapat perhatian khusus, tetapi kasus narkoba juga mendapat perhatian khusus darinya mengingat penyumbang kejahatan terbanyak juga dari kasus narkoba, mengingat Maluku masuk peringkat 7 secara nasional untuk kasus narkoba.

Menurut Priyadi khusus untuk kasus narkoba dirinya tidak ada kata kompromi, “Saya akan sikat habis,” tegas Priyadi, kami telah bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasinal Provinsi (BNNP) Maluku guna mendeteksi dan memutuskan mata rantai kejahatan khusus ini (narkoba).

Tak hanya narkoba, pungutan liar (pungli) juga mendapat sorotan dari mantan Direktur Bimkemas, Dirjen Pemasyarakatan ini. Menurutnya pungli juga masuk dalam kejahatan yang tidak bisa diajak kompromi, “Saya akan memakai hak saya sebagai pimpinan bilamana terdapat bawahan saya baik itu di Kanwil maupun di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi terindikasi melakukan pungli saya tidak segan-segan untuk mengambil tindakan”, tegasnya.

Ditambah juga oleh Priyadi, sebagai wakil Menteri di daerah, ia akan selalu bekerjasama, sinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku dan juga aparat penegak hukum di daerah ini, terbukti dengan kehadiran dan keikutsertaannya dalam berbagai acara yang digalakan Pemda dan mendapat respon yang baik dari Gubernur Maluku, Said Assagaf.

“Kunjungan kerja anggota Kemenkopolhukam R.I ke Kanwil Kemenkumham Maluku ini sebagai koordinator teknis Kementerian/Lembaga sekaligus mendengar masukkan dan aspirasi dari Kementerian/Lembaga yang berada di bawah koordinatornya dan sekaligus untuk dilaporkan kepada Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto,” ungkap Brigadir Jenderal (Brigjen) Rudi Syamsir yang adalah ketua rombongan dari Kemenkopolhukam R.I ini.

Rudi Syamsir sangat terkesan dengan kinerja Kakanwil Kemenkumham Maluku, Priyadi. Menurutnya, semoga hal ini juga dapat dilakukan dan dicontohi oleh semua pimpinan di daerah yang dibawah koordinator teknis Kemenpolhukam, harap Rudi Syamsir.

Kunjungan kerja anggota Kemenkopolhukam sore tadi berjalan hangat dan penuh kekeluargaan. Hadir dalam kunjungan kerja Kemenkopolhukam yakni perwakilan Kemenkumham, Mahkama Agung, Kejaksaan Agung, Kepolisian Republik Indonesia yang targabung dalam Kemenkopolhukam dan pejabat dari Kanwil Kemenkumham Maluku, Kepala Divisi (Kadiv) Yankumham, M.J. Mataheru, Kabid HAM, Ch. Hiskiya. HUMAS

IMG 0038

IMG 0039

IMG 0042


Cetak   E-mail