KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPR RI KE KANWIL MALUKU MEMBAWA BERKAH

WhatsApp Image 2017 08 07 at 17.35.06

Ambon, KUMHAM MALUKU – Komisi III DPR RI lakukan Kunjungan Kerja ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku dan seluruh Para pejabat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka-UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Maluku serta para jajarannya guna meninjau dan melihat secara dekat keadaan Lapas  sekaligus para penghuni Lapas Anak dan Perempuan hari ini, Senin (7/8). 

Menurut  Ketua Komisi III DPR RI,  H. Desmond Junaedi Mahesa bersama 11 anggota Komisi III lainnya,  bahwa secara fisik Lapas Ambon sangat luar biasa, tidak terjadi over kapasitas, apabila dibandingkan dengan Lapas-Lapas yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Dikatakan Desmond “Bicara tentang narkoba, Komisi III berpendapat bahwa persoalannya bukan sekedar bangun Lembaga Pemasyarakatan (LP) tetapi bagaimana memaksimalkan aparatur Negara, pejabat-pejabat Negara di Republik ini untuk memperjelas terkait proses masuknya narkoba,” Ujar Desmond kepada seluruh awak media di Maluku.

Usai meninjau Lapas Anak dan Perempuan, Rombongan Komisi III melanjutkan Kunkernya ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Maluku. diterima langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Priyadi, dengan mengalungkan kain Tenun Tradisional Maluku, kepada para Anggota Komisi III sebagai tanda ciri khas orang Maluku menerima tamu dengan penuh rasa hormat dan tulus.

Awal rapat, mewakili Rombongan Komisi III, Desmond mengatakan, “Saya sangat senang dan bangga serta mengapresiasi atas sambutan jajaran Kanwil Kemenkumham mulai penjemputan di Bandara Pattimura, makan bersama dan pelaksanaan rapat kerja hari ini dengan sangat meriah dan baik,” kata Desmond.

Lebih lanjut Desmond mengatakan “Kunjungan kerja komisi III DPR RI  ke Kanwil Kemenkumham Maluku dalam rangka Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2016-2017 ini adalah ingin melihat dan sekaligus mendengar secara langsung terkait kendala-kendala dalam pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) Kanwil Kemenkumham Maluku, yang nantinya akan dibawah ke pusat sebagai bahan masukan pada saat rapat kerja dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) nanti di Jakarta,” ungkap Desmond.

Dalam rapat yang juga dihadiri oleh Pelaksana Tugas (PLT) Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) tersebut. KaKanwil, Priyadi, memaparkan juga tentang capaian Kinerja dan kendala-kendala yang dialami Kanwil Kemenkumham Maluku, salah satu kendala yang sangat menonjol yang diangkat oleh Priyadi yakni terkait letak geografis Maluku yang sebagian besar adalah perairan (Daerah Kepulauan), dimana untuk menjangkau daerah satu ke daerah yang lainnya sangat sulit serta membutuhkan biaya yang sangat besar pula,” tutur Priyadi.

Kedatangan Komisi III DPR RI Ke Maluku didampingi oleh Direktur Binapiyantah dan Latkerpro pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Harun Sulianto, dan Direktur Wasdakim Zaerodji pada Direktorat Jenderal Imigrasi serta Tim penghubung dari Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal, yaitu, Kepala bagian Kerja Sama Dalam Negeri, Pagar Butar Butar dan Dodi. Rapat  kerja komisi III DPR RI dengan Kanwil Kemenkumham Maluku itu ditutup dengan saling memberikan cinderamata oleh Ketua Rapat Komisi DPR RI, H. Desmond Junaidi Mahesa kepada Kakanwil Kemenkumham Maluku Priyadi dan foto bersama para anggota komisi III DPR RI dengan pejabat di lingkungan Kanwil Kemenkumham Maluku dan BNNP Maluku. (HUMAS)

WhatsApp Image 2017 08 07 at 17.37.11WhatsApp Image 2017 08 07 at 17.30.33

 

 

 


Cetak   E-mail