SEHUBUNGAN MENJELANG HARI AIDS SE-DUNIA, PENGHUNI DAN PETUGAS CABANG RUTAN SAPARUA MELAKUKAN PEMERIKSAAN

Cabang Rumah Tahanan Negara (Cabrut) Saparua pada Kamis (21/11) dikunjungi oleh Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Maluku Tengah untuk dilakukan pemeriksaan darah terkait penyebaran virus HIV-AIDS.

Bertempat disalah satu ruang Cabrut Saparua yang dikhususkan untuk dilakukan pemeriksaan, S.Hattu sebagai Ketua Tim Dinkes mengatakan bahwa maksud kegiatan tersebut dilakukan adalah untuk menjaring setiap orang terhadap dampak penularan penyakit mematikan itu.

“Kedatangan kami sudah dikoordinasi dengan Kepala Cabrut Saparua bahwa pada dasarnya para penghuni cukup rentan terhadap penyebaran penyakit HIV-AIDS dan kepada para pegawai juga akan kami lakukan pemeriksaan” kata Hattu.

Kedatangan Tim dari Dinas Kesehatan tersebut mendapat apreseasi dari Kepala Cabrut Saparua, Ronald Tuasuun. “Kami menyambut baik kegiatan ini, semoga bukan hanya untuk penyakit HIV-AIDS tapi juga kegiatan untuk penanggulangan berbagai jenis penyakit lainnya” lanjut Ronald.

Menurut Ronald, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk bagaimana para penghuni juga perlu diperhatikan segi kesehatannya. “UPT kami hanya memiliki satu orang tenaga kesehatan, namun kami tetap terbuka bila Dinas Kesehatan setempat mau turut mengambil bagian dalam pemenuhan hak kesehatan bagi warga binaan” terang Ronald.

“Di Tahun 2015 mendatang, kami berencana untuk membuat ruang khusus yaitu klinik bagi penghuni agar pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat dilaksanakan secara baik” sambungnya.

Ketika ditanya mengenai hasil pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan, Ronald mengatakan bahwa hasilnya belum dapat diketahui. “Dinas Kesehatan akan memberikan hasil pemeriksaan dua minggu lagi dan kami optimis baik penghuni maupun seluruh petugas di Cabrut Saparua bebas dari virus HIV-AIDS” harap Ronald.(red-tvn).

berita foto Cabrut Saparua


Cetak   E-mail