KEGIATAN BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) HAK ASASI MANUSIA KANWIL KEMENKUMHAM MALUKU TAHUN 2013.

Bertempat di ruang rapat lt.1 Hotel Golden Palace Ambon dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) HAM tahun 2013. Kegiatan BIMTEK HAM dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku JULIASMAN PURBA dan dihadiri oleh peserta dari beberapa instansi terkait Polres Pulau Ambon dan P.P. Lease, Pemda Tk.I Provinsi Maluku dan Pemda Tk.II Kota Ambon serta beberapa staf yang ada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku. Ambon, 18 Maret 2013.

IMG 2462

IMG 2443

Sambutan Ketua Panitia Bimbingan Teknis (BIMTEK) Hak Asasi Manusia Tahun 2013

IMG 2449

Sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku JULIASMAN PURBA, Kegiatan Bimbingan Teknis HAM yang dilaksanakan selama dua hari yang bertujuan memberikan pemahaman mengenai Hak Asasi Manusia itu sendiri serta tanggung jawab kita selaku aparatur pemerintah, untuk melaksanakan upaya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Juga memberikan pemahaman tentang tugas pokok Panitia RANHAM dan penguatan institusi pelaksana RANHAM serta meningkatkan peran aktif anggota Panitia pelaksana RANHAM dalam upaya peningkatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan penghormatan HAM.

Sejalan dengan pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis HAM diarahkan kepada pelaksanaan RANHAM 2011-2014 yang memberikan penugasan yang lebih jelas kepada Gubernur, Bupati dan Walikota sebagai penanggung jawab pelaksanaan RANHAM di tingkat daerah yang mengacu pada norma dan standar HAM, memastikan aparat pemerintah memahami dan berorientasi pada HAM dalam pelaksanaan tugas, mendorong kearah masyarakat dan aparat berbudaya HAM serta Peraturan Daerah yang selaras dengan hukum dan HAM. Hal ini menunjukan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam upaya meningkatkan peran aktif dan partisipasi yang optimal dalam rangka mensukseskan pelaksanaan RANHAM 2011-2014. Dalam Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2011, kita memiliki 7 (tujuh) program utama RANHAM nasional dan 6 (enam) program utama RANHAM daerah yaitu: 1. Pembentukan dan penguatan institusi pelaksana RANHAM; 2. Persiapan Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan; 3. Diseminasi dan Pendidikan HAM; 4. Penerapan norma dan standar HAM; 5. Pelayanan Komunikasi Masyarakat; 6. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan.

Harapan Kakanwil Melalui kegiatan Bimbingan Teknis HAM ini diharapkan : 1. Dapat memberikan pemahaman tentang HAM untuk kita semua dan penerapannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; 2. Dapat mengetahui berbagai persoalan HAM yang terjadi disekitar kita, yang dapat dijadikan sumber data perkembangan dan permasalahan HAM di Provinsi Maluku; 3. Dapat melahirkan solusi terhadap setiap kendala dan persoalan yang dihadapi bersama.

Demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan sebagai awal untuk membuka persepsi kita tentang pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis HAM. Sebelum saya akhiri sambutan ini, saya ucapkan selamat datang dan selamat mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis HAM, semoga dapat memberi manfaat bagi kita.

IMG 2445

IMG 2448

BANNER SELEKSI DITJENPAS kanwil