Rakernis PAS Maluku Ajang Penguatan Sinergitas

rakernis-PAS-Maluku-336x200

KUMHAM MALUKU – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Priyadi, membuka Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan (Rakernis PAS) yang dihadiri seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Maluku, Kamis (9/2). Menurut rencana, Rakernis PAS Kanwil Maluku dihelat hingga Sabtu (11/2).

Menurut Priyadi, Rakernis PAS merupakan wadah untuk mengkoordinasikan, mensinergikan, dan memperkuat pelayanan Pemasyarakatan. “Ini merupakan ajang penguatan sinergitas implementasi kebijakan dalam mengkoordinasikan dan memperkuat layanan-layanan pemasyarakatan di Maluku,” ujar Kakanwil saat memberi arahan.

Orang nomor satu di Kanwil Kemenkumham Maluku itu juga mengatakan bahwa sinergitas tugas dan fungsi Core Business Pemasyarakatan penting dilakukan. “Lapas, rutan, bapas, dan rupbasan mempunyai tugas dan fungsinya sendiri-sendiri, namun harus diwujudkan dalam sinergitas pelayanan karena Pemasyarakatan berperan bukan hanya pada tahapan postajudikasi, namun sesungguhnya telah ada sejak tahap praajudikasi,” ungkap Priyadi.

Mengacu pada tema kegiatan, yakni “Melalui Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan Kita Wujudkan Sinergitas Pelayanan Pemasyarakatan Berbasis E-Gov,” Priyadi pun menjelaskan pentingnya layanan berbasis E-Government di jajaran pemasyarakatan. “E-Government adalah penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis  elektronik. Layanan-layanan E-Gov di jajaran Pemasyarakatan berarti kita harus memastikan penerapan teknologi dapat menunjang kelancaran tugas organisasi pemasyarakatan,” tambahnya.

Baginya, manajemen perubahan diperlukan dalam organisasi yang mengimplentasikan layanan E-Gov. “Untuk menghadapi dinamika perubahan di era E-Gov, termasuk mewujudkan visi misi organisasi, memperkuat struktur, sistem dan kultur,  meningkatkan pelayanan, tuntutan stakeholder, serta meningkatkan nilai, kredibilitas, dan daya saing, maka organisasi harus memiliki quality product and service, quality people, dan quality leader,” jelas Kakanwil.

Hal itu, menurut Priyadi, penting untuk memastikan perwujudan sinergitas pelayanan Pemasyarakatan yang berbasis E-Gov. “Jajaran Pemasyarakatan harus speed up untuk membangun kompetensi dan karakter melalui pengembanganknowledge/pengetahuan, skills/ keahlian, dan attitude/perilaku,” pesannya.

Sebelumnya, Rakernis PAS diawali dengan laporan Ketua Panitia, yakni Pujo Harinto selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan yang menguraikan bahwa maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, yakni mewujudkan pelayanan Pemasyarakatan yang berkualitas dan berbasis E-Gov, untuk pencapaian target kinerja Pemasyarakatan, dan untuk memastikan speed up pelaporan.(humas)