Lapas Piru Disidak Tim Satgas Kamtib Divpas Maluku

WhatsApp Image 2018 02 28 at 10.22.39 635x350

Piru, KUMHAM_MALUKU – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Piru yang akan diresmikan operasional kantor barunya, Rabu (28/2) diinspeksi mendadak (sidak) oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Maluku, Selasa (27/2) tengah malam. Dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyrakatan Maluku, Pujo Harinto, Tim Satgas Kamtib langsung bergerak melakukan penggeledahan di blok dan kamar penghuni.

“Ini sidak pertama kami di tahun 2018 untuk Unit Pelaksana Teknis yang berada di luar Pulau Ambon. Ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan kinerjanya,” kata Pujo.

Masalah keamanan dalam lapas, menurut Pujo, bukan menjadi tanggung jawab petugas semata, tetapi juga para penghuni. “Perlakukan teman sekamar Anda layaknya saudara Anda. Saling menghormati antar penghuni agar tidak terjadi gesekan yang berujung kericuhan di dalam lapas. Selain itu, jaga kebersihan kamar dan blok masing-masing agar sanitasinya baik dan terhindar dari penyakit,” pesannya di hadapan para penghuni.

WhatsApp Image 2018 02 28 at 10.22.40 300x225 1

Selama tiga jam melakukan penggeledahan, Tim Satgas Kamtib berhasil menyita barang-barang terlarang seperti headsetcharger handphone, ikat pinggang, sendok besi, speaker, beberapa cermin, obat-obatan, paku, dan alat cukur. “Barang-barang seperti ini dilarang ada di dalam kamar penghuni untuk meminimalisir adanya gangguan kamtib,” tegas  Kepala Sub Seksi Keamanan DivisiPemasyarakatan Maluku, Janes Tiwery.

Menanggapi hasil tersebut, Kepala Lapas Piru, Saiful Sahri, mengapresiasi sidak yang dilakukan Tim Satgas Kamtib. “Kami berterima kasih karena Tim Satgas Kamtib telah membantu sebagian tugas kami. Terkait hasil yang ditemukan, kami akan terus berbenah. Sidak internal akan terus kami laksanakan. Kami akan terus bergerak mewujudkan Lapas Piru IDAMAN, yakni Indah, Damai, Aman dan Nyaman,” pungkas Saiful.


Cetak   E-mail