Satgas Kamtib Maluku Razia Rutan Masohi

WhatsApp Image 2018 03 19 at 9.04.07 AM 635x350

Masohi, KUMHAM_MALUKU – Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Masohi, Sabtu (17/3).

Dipimpin langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku, Pujo Harinto, sidak ini untuk meminimalisir risiko gangguan kamtib di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan. “Kami telah berkomitmen agar kondisi keamanan UPT Pemasyarakatan di wilayah Maluku tetap aman,” terang Pujo.

Tepat pukul 14.00 WIT, Satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham Maluku mulai bergerak menyisir blok dan kamar hunian Warga binaan Pemasyarakatan (WBP). “Kami mohon maaf apabila mengganggu kenyamanan saudara-saudara. Tugas kami hanya untuk memastikan kondisi keamanan bagi saudara-saudara sekalian,” jelas Kepala Bidang Keamanan, Lissa Kiessya, kepada WBP.

WhatsApp Image 2018 03 19 at 8.25.13 AM 300x225

Selama tiga jam melaksanakan penggeledahan, Satgas Kamtib menemukan barang-barang seperti gunting, silet, korek api, paku, sendok besi, peralatan makan besi, dan obat-obatan. “Barang-barang seperti ini tidak boleh lagi ada di dalam kamar hunian. Tetap jaga kamtib di dalam rutan, saling menghormati, dan upayakan komunikasi yang baik dengan petugas,” pesan Pujo.

Kepala Rutan Masohi, Iwan Setiawan, yang ditemui setelah sidak mengungkapkan apresiasinya atas kegiatan Satgas Kamtib Maluku. “Kami akan terus melakukan pembenahan agar Rutan Masohi kedepannya menjadi lebih baik,” janji Iwan.

Tak lupa pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan selamat kepada Kadiv Pemasyarakatan Maluku yang telah dilantik menjadi Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur. “Mewakili seluruh jajaran Rutan Masohi, kami menyampaikan selamat kepada Bapak Kadiv. Semoga tetap dilindungi ASWT dan diberi keberkahan di tempat tugas yang baru,” pungkas Iwan. _(Humas)


Cetak   E-mail