Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

1

Saparua, KUMHAM Maluku, INFO UPT, Cabrut Saparua Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di Cabang Rumah Tahanan Negara (Cabrutan) Saparua, Senin (29/7). Beranggotakan sepuluh personil, Tim Satgas Kamtib dipimpin langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Keamanan dan Ketertiban Kanwil Kemenkumham Maluku, Lissa Ch Kiessya.

“Giat ini kami laksanakan semata untuk memastikan kondisi rutan tetap aman menyongsong 17 Agustus. Selain memastikan kondisi rutan aman, bersih juga kita pantau hak-hak warga binaan terkait pemberian remisinya, makanannya maupun hak-hak lainnya sekaligus kita kumpulkan isu-isu penting yang berkembang di warga binaan”, ujar Lissa

Sejumlah titik diperiksa oleh Tim mulai dari kamar-kamar hunian, dapur, pos jaga sampai ruang-ruang kerja petugas pun tak luput dari pemeriksaan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi cabrutan steril dari barang-barang berbahaya. Hasilnya sejumlah barang terlarang disita petugas antara lain, gunting, silet, korek api, gelas dan botol kaca, serta obat-obatan.

Selesai sidak, Tim langsung melakukan briefing dengan seluruh jajaran cabrutan Saparua. Hal-hal terkait temuan sidak, pemenuhan hak-hak warga binaan, disiplin petugas serta persiapan HUT proklamasi Republik Indonesia ke 74 dibahas pada kesempatan tersebut. Tak lupa Tim melaksanakan sosialisasi instrumen standar intelijen pemasyarakatan kepada seluruh jajaran cabrutan Saparua.

Kepala Cabrutan Saparua, Ernest Laturete menyambut baik kegiatan tersebut dan berjanji akan melakukan pembenahan sesuai arahan Tim. “Kami akan melaksanakan apa yang menjadi rekomendasi Tim Satgas, terkait instrumen yang diberikan akan kami kerjakan dan segera kami laporkan,” janjinya. (Humas)

7

7

7

7

7

7