Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

1

Ambon, KUMHAM Maluku, INFO UPT, Lapas Ambon – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon menggelar rapat kerja Tim Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) di ruang rapat urusan umum, Sabtu (31/8). Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya layanan pengaduan dugaan pelanggaran/permasalahan hak asasi manusia.

Rapat tersebut dihadiri seluruh Tim Yankomas dan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Tim Yankomas, Jomima Serworwora, mewakili Ketua Tim Yankomas, yakni KaLapas Ambon. Hadir pula Sekretaris Tim Yankomas, Ellen Risakotta.

Rapat yang dilakukan setelah apel pagi ini dibuka Sekretaris Tim Yankomas, dilanjutkan dengan pengarahan Wakil Ketua mengenai uraian umum tugas Tim Yankomas, penjadwalan petugas, dan program kedepannya.

Dalam rapat tersebut disepakati jadwal Yankomas Lapas Ambon akan disesuaikan dengan jam kerja kantor. “Jadwal yang telah dibuat agar dilaksanakan dengan baik, penuh tanggung jawab, serta dalam pelaksanaan tugas agar membuat laporan kepada pimpinan terkait pelaksanaan tugas Pos Yankomas,” pinta Jomima.

Selanjutnya, Lapas Ambon akan melakukan sosialiasi secara intern dan ekstern untuk program Yankommas, yakni mengundang Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Maluku untuk melakukan penguatan dan pendampingan kepada tim untuk nantinya dilakukan sosialiasi kepada masyarakat secara umum.

Sebelumnya, Tim Yankomas Lapas Ambon dibentuk untuk membantu, mendata, dan menggali informasi dari masyarakat pelapor yang mengalami permasalahan pelanggaran hak asasi manusia.

Mengakhiri rapat, Jomima yang sering disapa Tuti ini berharap Tim Yankomas Lapas Ambon yang terdiri dari orang-orang berkompoten dapat menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dengan mengedepankan prinsip prinsip Yankomas, yaitu objektif, non-diskriminasi, aksesibilitas, akuntabilitas, obligation, integritas, transparansi, menjaga kerahasiaan, serta tidak dipungut biaya apa pun. (Humas Lapas Ambon)

2