TANGGAP HADAPI GEMPA, INI YANG LPKA AMBON LAKUKAN

0009

Ambon, KABAR_LPKA - Dalam rangka Antisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) akibat bencana Alam dan  Penanggulannya di Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon mengadakan Kegiatan Simulasi tanggap bencana gempa bumi.

Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham Maluku Andi Nurka, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Maluku Yulius Sahruzah, dan Jajaran Divisi Pemasyarakatan. Sabtu (23/1). Dilaksanakannya kegiatan ini, untuk melatih pegawai dan Anak didik LPKA Ambon agar memiliki ketrampilan menyelamatkan diri dan melakukan evakuasi apabila terjadi bencana alam gempa bumi  sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam sambutanya Andi Nurka mengatakan bahwa setiap tahunnya di Wilayah Maluku selalu terjadi bencana khususnya gempa bumi

“Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah  karena hal kemanusiaan, yang perlu dipelajari Untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan dari Anak Binaan kita didalam", ujar Kakanwil. Andi juga meminta kepada petugas yang mengikuti simulasi, agar memperhatikan dengan baik kegiatan dimaksud sehingga ketika terjadi bencana, kita sudah tahu tata cara tindakan penyelamatan, Guna menghindari korban jiwa.

“Mereka di dalam ini adalah tanggung jawab kita,” tuturnya.

Selain itu Andi juga berterima kasih kepada Kadivpas dan Kepala LPKA Ambon yang telah bergerak cepat untuk mengadakan kegiatan ini. Kepala Divisi Pemasyarakatan, Yulius Sahruzah dalam kesempatan yang sama menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran LPKA Kelas II Ambon yang telah mengimplementasikan dengan cepat surat edaran Kepala Kantor Wilayah terkait Antisipasi Gangguan Kamtib dikarenakan bencana Alam. "Kegiatan - kegiatan seperti ini memang perlu disosialisasikan dan di implementasikan, terima kasih untuk LPKA Ambon yang telah melaksanakan kegiatan ini mengingat kondisi alam Indonesia yang rawan terjadi bencana" ucap Yulius. "Kita tidak mengharapkan hal ini terjadi, tetapi jika terjadi kita sudah siap, mungkin untuk saat ini dari se-indonesia baru wilayah Maluku yang melaksanakan kegiatan ini dan semoga ini menjadi contoh untuk seluruh UPT di Maluku" tambahnya. Pada akhir sambutanya tak lupa Yulius juga berpesan agar seluruh pegawai tetap menjaga Integritas, tidak tergoda dengan kenikmatan yang sesaat.

Kepala LPKA Ambon, Catherin V. Picauly  Juga mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenkumham Maluku, Kadiv PAS dan juga jajaran Divisi PAS yang turut hadir untuk melihat persiapan LPKA Ambon melaksanakan kegiaatan simulasi tanggap bencana gempa bumi.

Kontributor : Humas LPKA Ambon

 

093

093

093


Cetak   E-mail