Tiga PK Bapas Ambon Lolos Seleksi Penyusunan Buku ‘Kapita Selekta Pemasyarakatan Edisi II’

 1

Ambon, INFO_PAS - Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57, Kemenkumham Muda bekerjasama dengan Mahar Bumi dan IDE Publishing kembali menggelar Book Writing Collaboration dengan mengajak seluruh insan Kementerian Hukum dan HAM untuk terlibat dalam penyusunan buku yang bertajuk ‘Kapita Selekta Pemasyarakatan Jilid II’ (28/04/2021). Sebanyak 57 tulisan disajikan untuk menyambut perayaan 57 tahun Pemasyarakatan dan akan segera diterbitkan.

Mengusung tema besar Hari Bhakti Pemasyarakatan, terdapat empat sub tema yang menjadi fokus dalam penulisan ini, yaitu: pertama, Restorative Justice untuk Pelaku Pidana Dewasa; kedua, Pemenuhan Hak Perempuan dalam Penjara; ketiga, Hak Pendidikan Anak di LPKA; dan yang keempat, Covid dan Pemasyarakatan: Tantangan Pembimbingan/Pembinaan WBP di Era Normal Baru.

Tiga Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas Kelas II Ambon turut mengambil bagian dalam pembuatan buku Kapita Selekta Pemasyarakatan Jilid II ini. Di antaranya adalah La Ode Rinaldi Muchlis dengan tulisannya Restorative Justice untuk Pelaku Pidana Dewasa sebagai Paradigma Baru dalam Sistem Pemidanaan Mulai dari Mana. Julius Gysberthus dengan dua tulisannya yaitu Hak Kodrati Napi Perempuan: Melahirkan dan Mengasuh Anak di dalam Lapas dan Status dan Tempat Bukan Penghalang. Serta yang terakhir, Dawan Pribadi dengan tulisannya Tanggung Jawab Pemasyarakatan di Era Normal Baru. Ketiga penulis dari Bapas Ambon ini berhasil menyisihkan puluhan peserta lain yang ikut dalam tahapan seleksi tulisan yang diadakan oleh pihak penyelenggara.

Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa gagasan-gagasan dalam perkembangan Sistem Pemasyarakatan yang lebih terpadu pada masa mendatang. Buku Kapita Selekta Pemasyarakatan Jilid II ini sudah dapat di download dalam bentuk E-Book pada Google Play Book secara gratis. (Humas Bapas Ambon)

444


Cetak   E-mail