14 ANAK LPKA AMBON JALANI TEST PSIKOLOGI

WhatsApp Image 2021 07 28 at 18.44.56

Ambon, INFO_PAS - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon bekerja sama dengan Psikolog Klinis Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Provinsi Maluku memberikan tes psikologi bagi 14 Anak, Selasa (27/7). Bertempat di ruang kelas LPKA Ambon, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan peoses pembinaan yang sesuai dengan kepribadian masing-masing Anak.
 
Kepala LPKA Ambon, Catherian V. Picauly, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui karakter dan kepribadian Anak. Ia menuturkan, anak-anak merupakan tahap awal perkembangan, baik perkembangan fisik dan pikir.
 
“Anak LPKA memasuki tahap perkembangan. Jadi, akan lebih gampang untuk diarahkan sehingga kepribadiannya masih bisa dibentuk. Proses bimbingan akan lebih mudah dilakukan dibanding orang dewasa yang pola pikirnya sudah terbentuk,” tuturnya.
 
Catherian berharap hasil tes ini dapat berguna bagi program pembinaan dan berdampak positif bagi perilaku Anak di LPKA Ambon. “Anak-anak merupakan aset bangsa yang masih perlu diberikan bimbingan. Kegiatan ini merupakan upaya memberikan pembinaan yang lebih baik untuk Anak sehingga mental mereka menjadi semakin kuat, sehat, mandiri, dan mau berubah menjadi lebih baik setelah menjalani proses pembinaan di LPKA Ambon,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Psikolog RSKD Provinsi Maluku, Prisilia Pattiata, mengatakan metode yang dilakukan dalam tes ini dengan menggunakan media gambar atau tes grafis. “Kegunaan dari tes ini adalah menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan menganalisa gambar yang dibuat oleh klien tes. Hal ini dapat diketahui dari bentuk gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan aspek-aspek lainnya,” urainya.

WhatsApp Image 2021 07 28 at 18.45.47WhatsApp Image 2021 07 28 at 18.45.47


Cetak   E-mail