WBP, Anak, dan Petugas Pemasyarakatan Awali Tahun 2022 dengan Beribadah

LPKA

Ambon, INFO_PAS - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon mengawali tahun 2022 dengan ibadah awal tahun yang diikuti petugas dan Anak, Sabtu (1/1). Bertempat di Gereja Taman Doa LPKA Ambon, ibadah awal tahun dilayani oleh Pendeta Nick Taberima.

Kepala LPKA Ambon, Catherian V. Picauly menyampaikan pelayanan terhadap kebutuhan rohani Anak wajib dilaksanakan, baik untuk Anak beragama Islam maupun Kristen. Terkait pelayanan tersebut, pihaknya selalu berkerja sama dan melibatkan tokoh-tokoh agama yang berada di sekitar LPKA, salah satu contohnya pelayanan ibadah awal tahun dan hari Minggu.

"Kami pastikan kebutuhan rohani Anak di LPKA Ambon dipenuhi dan dilayani dengan baik, salah satunya ibadah awal tahun yang dipimpin oleh pendeta dari lingkungan sekitar LPKA," ucap Catherian.

Sementara itu, Pendeta Nick Taberima saat membawakan khutbah mengatakan kita berada di awal tahun 2022 bukan karena kuat dan hebatnya kita, tetapi karena kebaikan dan kemurahan Tuhan yang menolong dan menopang di sepanjang tahun 2021. “Sepanjang ada waktu yang Tuhan berikan, marilah kita lakukan perenungan dan mengambil keputusan penting untuk membangun hidup yang tepat menurut kehendaknya,” ajaknya.

Pendeta Nick juga mengingatkan Anak untuk selalu menghayati dan menyadari bahwa LPKA adalah tempat untuk membangun kehidupan yang baru. “Mari kita belajar dari hari-hari kelabu di hari kemarin. Walaupun masih anak-anak, tetapi pengalaman-pengalaman kelabu dan yang tidak mencerminkan hal-hal positif di mata Tuhan kiranya menjadi alat ukur yang mendorong kita untuk bertaubat,” pesannya.

LAPAS

Doa bersama mengawali awal tahun 2022 juga digelar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Senin (3/2). Doa bersama diikuti petugas dan WBP di Masjid At Taubah dan Gereja Solagracia Lapas Ambon.

Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri, mengatakan sebagai umat beragama sudah sepatutnya kita bersyukur atas nikmat kesempatan dan waktu yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. “Mari awali tugas di tahun ini dengan bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Melalui momentum doa bersama ini, ia mengajak seluruh jajarannya untuk mengevaluasi setiap tindakan dan perilaku di tahun 2021 untuk melangkah di tahun 2022 dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga dengan pelaksanaan doa bersama ini menumbuhkan semangat kebersamaan di tahun 2022. Mari kita evaluasi setiap tindak perilaku dan kinerja ditahun sebelumnya demi mewujudkan kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, terutama Pemasyarakatan, makin pasti,” ajaknya.

Kepada WBP, Saiful berharap mereka menjalani pidananya dengan ikhlas serta selalu mengikuti setiap aturan dan tata tertib di Lapas seraya mengajak berdoa agar pandemi cepat selesai.

Kontributor: LPKA Ambon, Lapas Ambon


Cetak   E-mail