HUT RI KE-73 MEMPERSATUKAN RAGAM BUDAYA DI NEGERI RAJA-RAJA

1

Ambon, KUMHAM MALUKU - Puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indoensia (RI) ke-73 di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku dipusatkan di lapangan olahraga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Ambon, Jumat (17/8/2018).

Inspektur upacara pagi tadi adalah Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Tholib, dan bertindak sebagai pemimpin upacara Kepala Rumah Tahanan Negara (KaRutan) Klas IIA Ambon, Irhamudin.

"Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah landasan bagi terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),  hal tersebut bukan saja merupakan alat untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan negara namun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia juga menjadi sarana untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur serta lepas dari belenggu penjajahan Bangsa Lain."  Demikian disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna H. Laoly melalui sambutan yang dibacakan Kakanwil, Tholib.

Selanjutnya disampaikan, tema HUT RI kali ini yaitu Kemerdekaan RI "Kerja Kita, Prestasi Bangsa." yang juga sejalan dengan dengan Motto Asian Games XVIII yaitu, The Energy of Asia" diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja bersama membangun negeri dan semangat tuan rumah yang baik bagi dunia, kata Yasonna dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu juga, Yasonna mengajak seluruh pegawai di lingkungan Kemenkumham RI untuk bersama tanamkan empati dan posisikan diri kita dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI dan bersama mensukseskan penyelenggaraan Asian Games ke-XVIII Jakarta-Palembang.

Keindahan baju adat yang dipakai peserta upacara (pejabat dan staf) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Maluku mewarnai berbagai macam adat istiadat di negeri raja-raja ini sebagai satu kesatuan NKRI.

Dalam upacara itu juga diberikan piagam penghargaan Satya Lencana secara simbolis kepada 7 orang pegawai.

Upacara memperingati detik-detik kemerdekaan RI pagi tadi berlangsung hikmat dan dihadiri oleh seluruh Jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku serta UPT se-Pulau Ambon.

“Dirgahayu Bangsaku, Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Indonesia, Jayalah Bangsaku, Jayalah Negeriku, Jayalah Indonesia. Jayalah Kanwil Kemenkumham Maluku PASTI MANISE (Mengayomi, Amanah, Nurani, Integritas, Silaturahmi, Energik), Merdeka.” (humas)

2

5

2

2

2


Cetak   E-mail