Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Pencarian Data

1

Ambon, KUMHAM MALUKU - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka memastikan akan bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Maluku dalam upaya penanggulangan narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Hal tersebut Ia sampaikan ketika menerima kunjungan Kepala BNNP Maluku diruang kerjanya pagi tadi, Selasa (26/11).

Ia menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Maluku akan dengan senang hati berkolaborasi dengan BNNP Maluku dalam upaya penanggulangan narkoba di Lapas dan Rutan. “Ini merupakan komitmen kita untuk memastikan Lapas dan Rutan di Maluku bersih dari barang haram tersebut,” papar Andi. “Oleh karena itu kita harus bersinergi dengan seluruh instansi terkait baik dalam upaya pencegahan, penindakan sampai rehabilitasi bagi pengguna narkoba,” lanjutnya.

Lebih lanjut Ia mengharapkan agar koordinasi seperti ini terus terjalin sehingga dapat saling bertukar informasi terkait isu-isu terkini penanggulangan narkoba di Maluku.

Sementara itu Kepala BNNP Maluku, Brigjen (Pol) Imam Sumantri mengatakan kunjungan ini merupakan bentuk silahturahmi antar instansi terkait yang dilakukan guna menjalin kerjasama, kekompakan dalam pelaksanaan tugas bersama. “Beberapa waktu yang lalu saya menerima kunjungan Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, hari ini giliran saya yang bersilahturahmi dan ini baik untuk menunjang tugas-tugas kita kedepan,” ujar Imam.

Kadiv Pemasyarakatan, H.M Anwar yang ikut dalam pertemuan tersebut menuturkan bahwa inti dari pertemuan yang dilaksanakan tadi selain silahturahmi antar pimpinan, juga dibahas agenda bersama yang akan dilakukan oleh Divisi PAS dengan BNNP Maluku kedepannya yakni terkait dengan penegakan kamtib dan penanggulangan masalah narkoba di Lapas dan Rutan.

Menurut Anwar, kebijakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) untuk target kinerja tahun 2020 salah satunya terkait rehabilitasi narkoba di Lapas yang mana pelaksanaan tersebut akan disinergiskan dengan instansi terkait, salah satunya BNNP.

“Raker Kemenkumham kemarin telah diputuskan salah satu target kinerja kita di 2020 adalah rehabilitasi narkoba dan kita akan bekerjasama dengan pihak BNNP untuk menyukseskan agenda tersebut,” pungkas Anwar. (Humas, KL)

3

3