Wabah Corona, Kanwil Maluku Tetap Melaksanakan Upacara HUT Pemasyarakatan

1

Ambon, KUMHAM MALUKU – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku melaksanakan Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 ditengah wabah virus corona (Covid-19), Senin (27/4/2020).

Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 di jajaran Kemenkumham dilakukan di seluruh Indonesia menggunakan video conference (vicon) dengan memperhatikan jarak (physical distancing).

Mengawali sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly mengatasnamakan pribadi, dan keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM, menghaturkan rasa duka terdalam kepada keluarga besar Pemasyarakatan, juga seluruh rakyat Indonesia, yang ikut terdampak atau menjadi korban pandemi Covid-19, ini adalah ujian kita sebagai bangsa dan saya yakin, kita akan bersama-sama melewati ujian ini dengan lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, kata Yasonna.

Yasonna juga menambahkan “Sejauh ini, data per tanggal 22 April 2020, dari 525 Lapas/Rutan/LPKA di seluruh Indonesia telah melaksanakan Asimilasi kepada 35.771 Narapidana dan 899 Anak. Adapun program integrasi telah diberikan kepada 2.169 Narapidana dan 36 Anak. Perlu dipahami oleh publik, bahwa mereka semua adalah yang sudah memenuhi syarat. Kita “bukan asal mengeluarkan”, ada kriteria dan kondisi yang dipersyaratkan. Titik tekan dalam Permenkumham ini hanyalah mempermudah mekanismenya, sehingga dalam kondisi darurat seperti saat ini dapat dilakukan percepatan.”

“Apa yang telah kita deklarasikan pada Resolusi Pemasyarakatan 2020 harus tetap kita upayakan, ini adalah janji kita terhadap publik. Kita harus mampu menghadirkan terobosan-terobosan baru guna mengatasi segala macam persoalan yang menjadi tuntutan masyarakat, sesuai dengan spirit Resolusi Pemasyarakatan 2020 serta kita harus mampu menghadirkan pelayanan yang “PASTI.”

“Dalam kesempatan yang baik ini juga saya secara pribadi maupun mewakili institusi Kementerian Hukum dan HAM mengucapkan Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan bagi Petugas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan. Semoga di bulan yang penuh berkah ini kita mampu berinstrospeksi diri sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Saya juga mengajak seluruh jajaran pemasyarakatan untuk segera bergerak melakukan pembenahan. Maka dengan momentum ini kita manfaatkan untuk melakukan perubahan dan melatarbelakangi pembenahan secara massive dan total," ungkap Yasonna.

Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-56 di jajaran Kanwil Kemenkumham Maluku diikuti oleh Kepala Kantor Walayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, para Kepala Divisi dan para pejabat di Divisi Pemasyarakatan. (Humas)

#Bersatu Melawan Covid-19

2

3

 


Cetak   E-mail