“Hadiri Pembukaan Kegiatan Pelatihan Ketrampilan Pada LPKA Ambon, Divpas Maluku Lantas Inspeksi Blok dan Kamar Andikpas”

1

 

Ambon, _INFO PAS - Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan Inspeksi ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, Kamis (09/7). Hal tersebut dilakukan disela-sela pembukaan kegiatan Pelatihan Ketrampilan dan Kerajinan Bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) LPKA kelas II Ambon.

Dipimpin langsung oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Hernowo Sugiastanto, Tim Divpas yang semula hanya akan menghadiri acara pembukaan, lantas melakukan inspeksi ke blok dan kamar Andikpas.

Menurut Hernowo hal ini sengaja dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan pemasyarakatan di LPKA Ambon berjalan baik. “Saya sengaja memerintahkan tim untuk sekalian sidak ke blok dan kamar-kamar Andikpas, karna dalam bulan ini ada beberapa agenda besar yang akan dilaksanakan di LPKA Ambon menyongsong Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli nanti sehingga deteksi dini perlu dilakukan”, terang Hernowo. “Kita ingin memastikan program pembinaan, pelayanan dan pengamanan bagi Andikpas berjalan dengan baik sesuai prosedur standar yang berlaku”, lanjutnya.

Sebelumnya LPKA Ambon melaksanakan pembukaan kegiatan Pelatihan Ketrampilan dan Kerajinan bagi 24 orang Andikpas melalui kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon yang direncanakan berlangsung selama 20 hari. Dalam sambutanya Hernowo menegaskan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Agar tidak terjadi diskriminasi, anak yang berkonflik dengan hukum atau anak yang berada di LPKA oleh Negara tetap mendapatkan haknya.

“Anak sebagai manusia harus mendapatkan perlindungan”, tegas Hernowo. Oleh sebab itu didiklah mereka layaknya anak kita sendiri, ini bukan akhir bagi mereka tetapi awal untuk masa depan yang lebih baik. Tanggung jawab kita adalah untuk mempersiapkan mereka agar ketika mereka keluar nanti mereka berguna bagi masyarakat”, tambahnya.

Lebih lanjut Ia berpesan agar kegiatan ini terus dioptimalkan sebagai bentuk pembinaan kepada anak agar mereka memiliki bekal serta menghilangkan stigma negatif kepada mereka. Menurutnya kegiatan ini merupakan aktualisasi dari tujuan Resolusi Pemasyarakatan dalam mewujudkan SDM unggul bagi Warga Binaan Pemasyarakatan pada umumnya.

 5

5

5

6

6

Kontributor : Kevin L


Cetak   E-mail