KADIVPAS MALUKU BINTORWASDAL KE RUPBASAN AMBON DAN BAPAS AMBON

bintorwasdal kadivpas 3

Ambon, KUMHAM MALUKU - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Hernowo Sugiastanto melakukan kunjungan ke Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasana Negara (Rupbasan) Kelas I Ambon dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ambon, Jumat (17/7). Hal tersebut dilakukan dalam rangka Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan guna memetakan permaslahan pemasyarakatan di Maluku.

Kunjungan Kadivpas ke Rupbasan Ambon dan Bapas Ambon merupakan rangkaian dari kegiatan Bintorwasdal ke UPT Pemasyarakatan sepulau Ambon yang dilakukan dalam kurun waktu seminggu ini. Sebelumnya Lapas ambon, Rutan Ambon, Lapas Perempuan Ambon serta Lembaga Pembinaan Khusus Anak ( LPKA) Ambon telah Ia kunjungi beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya rangkaian Bintorwasdal ini dilakukan untuk mendapat gambaran tentang peta persoalan pemasyarakatan di Maluku. “kita harus petakan persoalan pemasyarakatan di Maluku terlebih dahulu sehingga dapat menentukan arah kebijakan atau terobosan yang akan kita ambil”, terang Hernowo.

Lebih lanjut Ia sampaikan bahwa direncanakan minggu depan akan dilakukan pertemuan dengan Kepala UPT (Ka.UPT) dan Pejabat Struktural di lingkup Pemasyarakatan Maluku secara virtual untuk membahas sejumlah hal yang menjadi bahan evaluasi dari rangkaian kegiatan Bintorwasdal ini.

“Rencananya haris Selasa depan akan kita kumpulkan seluruh Ka.UPT dan Pejabat Struktural secara virtual untuk membahas tindak lanjut hasil Bintorwasdal”, tambah Hernowo.

Bintorwasdal ke Rupbasan dan Bapas tadi menghasilkan beberap poin penting yang menjadi catatan untuk dibahas dalam forum pertemuan nanti antara lain terkait disiplin pegawai, SOP layanan, meningkatkan koordinasi antar penegak hukum, penyerapan anggaran serta pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sebagai petugas pemasyarakatan.

“Petugas Pemasyarakatan harus merubah mindsetnya, keluar dari zona nyaman agar dapat terus berkembang”, pesannya. (Humas)

bintorwasdal kadivpas 4

bintorwasdal kadivpas 1bintorwasdal kadivpas 1

Cetak