BUKA TPK PELABUHAN BANDA, KAKANWIL HARAPKAN SINERGITAS PENGAWASAN WNA

TPK Banda 03

BANDA, KUMHAM MALUKU,- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka melalui Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Ambon membuka Tempat Pemeriksaan Keimigrasian (TPK) Pelabuhan Banda pada Gedung Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Banda Neira, Jumat (9/4/2021).

Dalam sambutannya, kakanwil mengatakan bahwa tujuan utama pembukaan TPK Pelabuhan Banda Neira adalah sebagai perpanjangan rentang kendali Kanim kelas I TPI Ambon, sekaligus mengawal langsung rencana Pemerintah Indonesia dalam mengembalikan kestabilan ekonomi melalui pariwisata.

“Disisi lain Orang Asing kita harapkan masuk sebanyak-banyak nya, selaku pelaku pariwisata, pelaku bisnis dan usaha. Tetapi di sisi lain juga kita juga harus melakukan pengawasan, yang mana orang asing ini menguntungkan Negara atau malah justru merugikan Negara.” Tambah andi.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Divisi Imigrasi (Kadivim), Muhammad Yani Firdaus, Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Ambon, Armand Ayoga Surya, Petugas Patroli dan Keselamatan Berlayar KSOP Banda Neira, Kasno, para pejabat Divisi Imigrasi Maluku, serta himpunan Agen Pelayaran dan Penggiat Pariwisata Banda Neira.

“Kami atas nama jajaran keimigrasian meminta dukungan penuh dari seluruh stack holder yang berada disini. Baik dari Pemerintah daerah, penggiat usaha, perhotelan maupun pariwisata serta ketua-ketua adat yang tidak bisa kita tinggalkan begitu saja.”tambah kakanwil. (Humas)

TPK Banda 02TPK Banda 02

TPK Banda 01


Cetak   E-mail