TURUN LANGSUNG LAKSANAKAN OPERASI MANDIRI, KAKANWIL MALUKU APRESIASI KINERJA KEIMIGRASIAN

operasi mandiri bula 1

BULA, KUMHAM MALUKU – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemeterian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka bersama tim Operasi Mandiri Divisi Keimigrasian Kanwil Maluku, mengunjungi Perusahaan Udang Beku PT. Wahana Lestari Investama (WLI) dalam rangka pendataan Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja disana. Rabu (5/7/2021).

Kakanwil beserta Tim yang diketuai oleh Dedi Asnedi mengunjungi PT. WLI dalam pemenuhan program Operasi Mandiri dalam pendataan WNA yang mempunyai Izin Tinggal Terbatas (KITAS)  di wilayah Maluku. Hal ini sejalan dengan program pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 dengan memperketat izin keluar-masuk WNA ke wilayah kedaulatan Republik Indonesia.

“Ini merupakan salah satu program Kanwil Maluku, khususnya Divisi Imigrasi dalam penanganan WNA yang bekerja di wilayah Indonesia. Apalagi pembatasan keluar-masuk mereka dalam pencegahan COVID-19 menjadi isu aktual yang terus di tanggulangi. Saya juga sekaligus menyesuaikan data dengan dimiliki keimigrasian untuk keberadaan Tenaga Kerja Asing di Maluku.” Ujar Andi.

Pada PT. WLI ini,  Tim mendata 20 orang Tenaga Kerja Asing berkebangsaan China yang mempunyai Dokumen Lengkap dengan KITAS yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi kelas I TPI Ambon yang sudah ada di Indonesia sejak sebelum pandemi.

“Kita mendata terdapat 20 orang WNA yang bekerja disini, dan mereka berkewarganegaraan China. Terkait dengan pembatasan akses keluar-masuk WNA di Indonesia, maka sebagian WNA mereka tidak bisa kembali ke sini. Sehingga hasil produk mereka dipasarkan secara Nasional melalui Surabaya.” Tambah dedy.

Kakanwil juga mengapresiasi kinerja Divisi Keimirasian Kanwil Maluku dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon yang sudah memberikan layanan terbaik dan ketepatan data yang dimiliki.

“Kinerja Divisi Imigrasi dan Kanim Ambon sudah sangat bagus, saya buktikan langsung di lapangan. Jangan cepat berpuas hati, tetap tingkatkan terus pelayanan dan kinerja nya. " tutup kakanwil

(Humas)

operasi mandiri bula 2operasi mandiri bula 2operasi mandiri bula 2operasi mandiri bula 2


Cetak   E-mail