KANWIL MALUKU IKUTI PELUNCURAN RANHAM GENERASI V

aula2

Ambon, KUMHAM MALUKU – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku mengikuti kegiatan Peluncuran dan Diskusi Peraturan Presiden No 53 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (RANHAM) 2021-2025 yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom, Kamis (05/08/2021).

Bertempat di Aula Kantor Wilayah Maluku, kegiatan diikuti oleh Plt. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Agung Rektono Seto, Kepala Bidang HAM, Moksen Hasan, serta pejabat dan pegawai dari bidang HAM.

Peluncuran RANHAM Generasi V ini melibatkan seluruh Kementerian/Lembaga, pemerintah provinsi dan daerah serta Kantor Wilayah Kemenkumham se-Indonesia. Kegiatan yang diinisiasi oleh Panitia Nasional RANHAM dan bekerjasama dengan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) ini diawali dengan Laporan kegiatan dari Direktur Jenderal HAM, Mualimin Abdi dan sambutan dari Direktur ELSAM kepada para peserta kegiatan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan peluncuran secara resmi Perpres No 53 Tahun 2021 oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly yang diwakili oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Edward Omar Sharif Hiariej.

Pada kesempatan itu, Edward menyampaikan bahwa pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia generasi V berfokus pada perlindungan, penghormatan dan pemajuan HAM melalui pendekatan kelompok sasaran berdasarkan isu strategis terhadap kelompok rentan yang meliputi perempuan, anak, penyandang disabilitas, dan kelompok masyarakat adat.

“RANHAM dimaksudkan untuk mendorong agar capaian pelaksanaan aksi HAM bertujuan kepada outcome, bukan lagi administrasi saja, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar Edward.

Diakhir sambutannya, Edward berharap RANHAM 2021-2025 ini dapat dilaksanakan dengan komitmen yang tinggi oleh jajaran pemerintahan, pebisnis, akademisi hingga sipil untuk memaksimalkan pelaksanaannya.

Segera setelah peluncuran RANHAM Generasi V, dilanjutkan sambutan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian yang menyampaikan sambutannya melalui video sambutan. Kemudian dilakukan diskusi panel terkait RANHAM oleh para narasumber yang hadir dengan seluruh peserta kegiatan. (Humas)

aula4aula4aula4

 

 

 


Cetak   E-mail