RAPAT EVALUASI KINERJA DIVISI YANKUMHAM, KAKANWIL MALUKU DORONG PENINGKATAN TUSI

rp2

Ambon, KUMHAM_MALUKU Capaian kinerja dalam kurun waktu triwulan I yang telah dilakukan oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Yankumham) terus didorong oleh Kepala Kantor  Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Priyadi, saat melakukan rapat evaluasi dengan jajaran Divisi Yankumham di ruang rapat Kanwil, Selasa (23/05).

“Terkait dengan evaluasi kinerja yang telah diakukan, maka ada 3 (tiga) hal yang ingin saya tekankan untuk mendorong peningkatan tugas dan fungsi (tusi) jajaran Divisi Yankumham. Pertama, adalah penyerapan Anggaran; Kedua, percepatan pelaksaan kajian hukum dan pemetaan; serta Ketiga yaitu upaya memperkokoh sinergi baik itu secara internal maupun eksternal. Secara eksternal terlebih khusus adalah dengan aparat penegak hukum, Pemerintah Daerah serta Perguruan Tinggi,” kata Kakanwil mengawali arahannya.

Penyerapan anggaran, menurut Priyadi, perlu dilakukan peningkatan pada triwulan II. “Pastikan bahwa pada triwulan ke-II ini penyerapan anggaran lebih ditingkatkan, dilaksanakan secara efektif, tepat sasaran, transparan dan akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan”, imbaunya.

Terhadap manfaat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah dirasakan seluruh lapisan masyarakat, Priyadi juga mengimbau jajaran Divisi Yankumham untuk melakukan inovasi guna merealisasikan program Kemenkumham yaitu E-Gov Pasti Nyata, yang diantaranya adalah pelaksanaan tusi yang bersentuhan dengan pelayanan publik.  Selain itu, dikatakannya pula bahwa terkait dengan pengkajian hukum maka perlu dibuat peta permasalahan hukum untuk dilakukan penelaahan dan solusinya. Komunikasi dan koordinasi sinergis dengan aparat penegak hukum, Pemerintah Daerah maupun Perguruan Tinggi, menurut Priyadi, pun penting dilakukan oleh seluruh jajaran Divisi Yankumham.

“Bagi tenaga Perancang Muda agar senantiasa juga meningkatkan kualitas diri secara keilmuan serta up to date dengan perkembangan regulasi di Indonesia untuk mendukung kinerja”, pinta Kakanwil.

Dalam waktu dekat, Kakanwil bersama sejumlah pejabat Divisi Yankumham akan merencanakan pertemuan dengan Pangdam XVI Pattimura Maluku dan Kapolda Maluku guna membahas penyusunan Rancangan Peraturan Daerah dalam kaitan dengan indikasi geografis, dimana Kanwil Kemenkumham Maluku sebagai perwakilan Kemenkumham RI di wilayah mendorong Pemerintah Daerah untuk memastikan bahwa seluruh hasil bumi atau emas hijau dan hasil laut atau emas biru yang ada di Provinsi Maluku didaftarkan sebagai hak kekayaan intelektual.(humas)

rp1

rp3


Cetak   E-mail