KALAPAS PIRU TEGASKAN “POLA HIDUP SEHAT ADALAH SYARAT MUTLAK WBP”

Piru

Ambon, KUMHAM MALUKU –  Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan yang tidak sehat. Hal tersebut dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuhkembangkan kemandirian WBP untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Piru, Saiful Sahri, pada saat mengadakan tatap muka dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas tersebut, Selasa (13/6). acara yang berlangsung di Aula Lapas Piru itu, dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum, Drs. Nataniel Saleky.

Dalam kehidupan sehari – hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. “ Pola hidup sehat merupakan syarat mutlak agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit selain itu juga faktor lain yang mempengaruhi, seperti lingkungan yang sehat,”tegas dia.

“Seluruh WBP harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan di musim penghujan ini. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban yang dapat merugikan diri sendiri. Mari  budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup kearah yang lebih sehat. pesan Kalapas.

Hal senada disampaikan Drs. Nataniel Saleky, bahwa pola hidup sehat mencakup pola tidur, makanan yang dikonsumsi, dan olahraga. Sanitasi lingkungan blok hunian Lapas dan sekitarnya perlu diperhatikan karena penyakit mudah datang di musim penghujan. ”Pada intinya bagaimana kita menjalani hidup, dan kebiasaan sehari-hari, itulah yang dimaksud dengan pola hidup. Sehat atau tidaknya hidup kita tentu kita sendiri yang menentukan,”tandasnya.

Tujuan tatap muka ini adalah untuk melayani dan membantu WBP dalam memberikan pemahaman mengenai  perilaku hidup bersih dan sehat serta membangun komunikasi demi terciptanya kebersamaan antara WBP dan petugas. (Humas)


Cetak   E-mail