Ambon, KUMHAM MALUKU – Dalam upaya mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan efisien, Dua Satuan kerja Kanwil Kemenkumham Maluku di Kota Tual dan Maluku Tenggara kembali menorehkan prestasi gemilang yakni Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tual, berhasil meraih penghargaan pada kegiatan Sosialisasi Penilaian IKPA, Pelaksanaan Digitalisasi Pembayaran, dan Pemberian Penghargaan yang diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Tual, Kamis (8/8).
Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan kedua satuan kerja dalam mengimplementasikan sistem pembayaran digital atau DigiPay, serta komitmen dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual berhasil meraih peringkat kedua Satker terbaik tingkat Kota Tual untuk kategori implementasi DigiPay dengan satu transaksi, sedangkan seorang pegawai Lapas Kelas IIb Tual, Kerry Talaut, dinobatkan sebagai Bendahara Teladan peringkat ketiga.
Keberhasilan ini tidak terlepas dari upaya berkelanjutan Kemenkumham Maluku dalam mendorong transformasi digital di lingkungan kerja. Implementasi DigiPay telah memberikan sejumlah manfaat signifikan, Peningkatan efisiensi, mencegah terjadinya tindak pidana korupsi karena transaksi keuangan dapat dilacak dan diaudit secara real-time serta dapat meningkatkan akuntabiliyas dengan tercatatnya transaksi keuangan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Kepala KPPN Tual Muslim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kontribusi Kemenkumham Maluku dalam mendukung program pemerintah di bidang pengelolaan keuangan negara. "Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Kemenkumham Maluku dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik dan akuntabel," ujarnya.
Senada dengan hal tersebut, Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo, juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang telah berkontribusi dalam meraih prestasi ini. "Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi yang baik antara satuan kerja dengan instansi terkait. Ke depannya, kami berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pegawai untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik," tegas Hendro.
Dengan diraihnya penghargaan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kemenkumham Maluku. Masyarakat akan semakin merasakan manfaat dari penerapan sistem pembayaran digital yang lebih efisien dan transparan. Selain itu, prestasi ini juga menjadi bukti bahwa Kemenkumham Maluku berkomitmen untuk terus berbenah dan mengikuti transformasi digital. (Humas/AI)