BERHASIL WUJUDKAN ONE DAY ONE NEWS, LAPAS PIRU KEMBALI UPGRADE SDM KEHUMASAN  

WhatsApp Image 2021 08 03 at 20.36.02

Piru,Lapas Piru – One Day One News merupakan salah satu program yang gencar dilaksanakan untuk mengkomunikasikan dan menyebarluaskan informasi capaian kinerja yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan melalui publikasi media sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas kepada public. Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Piru telah berhasil mewujudkan Program One Day One News periode bulan Juli 2021 dan mendapat apresiasi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku.

Hal ini dibenarkan oleh ketua tim humas Lapas Piru, Julyn Bidang. Ia mengaku timnya berhasil melakukan penyebaran informasi terkait kinerja Lapas Piru setiap hari lewat media social juga website Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. “pencapaian ini kami jadikan pemantik semangat untuk lebih proaktif, kreatif dan inovatif dalam menyebarkan informasi ke Publik.” tutur Julyn.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan pihaknya melakukan penguatan kehumasan serta monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan di ruang tata usaha Lapas Piru dan dihadiri oleh seluruh tim, Selasa (3/8).

Dengan mematuhi protocol kesehatan, kegiatan ini digelar dengan tujuan meng-upgrade kompetensi yang dimiliki.
“Hari ini kami beri penguatan untuk meng-upgrade wawasan dan kemampuan jurnalistik serta membahas kendala yang dihadapi tim dalam pelaksanaan fungsi kehumasan” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lapas (Kalapas) Piru, Taufik Rachman menjelaskan di era keterbukaan informasi public ini diperlukan manajemen kehumasan yang professional agar dapat membuat organisasi menjadi objek narasi yang positif. Pelaksana kehumasan dituntut untuk mampu dalam penggunaan teknologi digital, analitik juga penulisan konten serta mampu mengklarifikasi isu negatif dan berita palsu/ hoaks.
“Selain penguatan, perlu juga dilakukan transfer knowledge sesama tim untuk meningkatkan kapasitas penguasaan ilmu dalam konteks kehumasan.” Jelas Taufik.

Harapan kami, semoga dengan upaya penguatan yang diberikan, seluruh tim humas Lapas Piru lebih memaksimalkan fungsi Kehumasan khususnya dalam penulisan berita, pengelolaan website serta media sosial sebagai media komunikasi dan penyebaran informasi kepada masyarakat secara transparan.

 

Kontributor : Janiie

WhatsApp Image 2021 08 03 at 20.36.15WhatsApp Image 2021 08 03 at 20.36.15


Cetak   E-mail