ANDI NURKA JELASKAN KI SEBAGAI KUNCI EKONOMI KREATIF

diseminasi dobo

Dobo, KUMHAM MALUKU Dalam rangka menyebarluaskan informasi terkait pendaftaran Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) bagi komunitas-komunitas KI dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, melakukan kegiatan Promosi dan Diseminasi KIK di Kabupaten Kepulauan Aru, Jumat (27/11).

kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka di Gedung kesenian sitasena Kota Dobo, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang yang berasal dari Pemda, UKM dan Pelaku Usaha serta masyarakat Kepulauan Aru.

Andi nurka dalam sambutannya menyatakan bahwa KI merupakan kunci dalam menggerakan roda perekonomi kreatif.

“Daerah kita memiliki banyak talenta di industri kreatif dalam berbagai jenis, ide-ide kreatif yang berlimpah merupakan sumber daya tanpa batas dan memiliki nilai ekonomi yang santag tinggi untuk menggerakan roda ekonomi kreatif, maka diperlukan perlindungan berupa KI” tambah Andi.

Andi menyadari bahwa perlindungan maksimal terhadap KI tidak saja memberikan dampak positif terhadap citra bangsa, tetapi secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomiam dan penciptaan lapangan pekerjaan. “Dengan demikian diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini dapat mengurangi pembajakan dan juga perampasan hak paten” ujarnya.

Saat yang sama pula Asisten Bidang Administrasi dan Perekonomian Kabupaten Kepulauan Aru, Gabriel Moerwarin menjelaskan bahwa KI adalah merupakan hak yang timbul dari hasil dan pikir yang menghasilkan suatu produk atas proses yang berguna bagi masyarakat.

Gabriel melanjutkan, KI bagi Pemerintah kabupaten merupakan target capaian ditahun yang mendatang, selain itu KI juga adalah hal yang baru sehingga perlu diberikan pemahaman sehingga Pemda dan juga pelaku usaha lebih memahami lagi agar dapat melakukan pendaftaran sehingga mendapat perlindungan hukum.

Kegiatan promosi dan diseminasi KIK ini juga dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab yang dilakukan secara panel untuk menelaah isu-isu pokok terkait KI yang ada di Kabupaten Kepulauan Aru. (Humas)

diseminasi dobo 4diseminasi dobo 4diseminasi dobo 4


Cetak   E-mail