DISEMINASI KEWARGANEGARAAN BUKA JALAN SOLUSI PERMASALAHAN ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA (ABG)

Diseminasi ABG Bula

Bula, KUMHAM MALUKU – Diseminasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kamis (29/04) membawa angin segar bagi masyarakat. Kegiatan ini tak hanya meningkatkan pemahaman tentang hak dan kewajiban warga negara, tapi juga membuka jalan solusi bagi permasalahan anak berkewarganegaraan ganda (ABG).

Dibuka oleh Kabid Pelayanan Administrasi Hukum Umum Semi Tangke mewakili Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro tri Prasetyo, kegiatan diikuti oleh 50 peserta menghadirkan narasumber ahli dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Saleh Sukunora, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Muhamad Sofyan Waraiya, dan Kanwil Kemenkumham Maluku Rapin Sugara Rumakat membahas pengertian dan jenis-jenis kewarganegaraan, tata cara memperoleh dan kehilangan kewarganegaraan, hak dan kewajiban warga negara, hingga layanan administrasi hukum umum terkait kewarganegaraan dan pewarganegaraan.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, masyarakat tidak hanya mengetahui gambaran kecilnya tetapi secara spesifik teredukasi dalam peningkatan pemahaman terkait Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan.

  • Meningkatkan Pemahaman Masyarakat: Antusiasme peserta dalam sesi tanya jawab menunjukkan tingginya kebutuhan informasi terkait kewarganegaraan. Sosialisasi ini membuka wawasan masyarakat tentang hak dan kewajibannya sebagai warga negara, serta prosedur pengurusan layanan kewarganegaraan.
  • Memperkuat Sinergi Antar Lembaga: Sosialisasi ini menjadi wadah bagi Kanwil Kemenkumham Maluku, Kesbangpol, dan Disdukcapil untuk memperkuat sinergi dalam menangani permasalahan kewarganegaraan, khususnya terkait ABG.
  • Solusi Konkret untuk ABG: Tim AHU Kanwil Kemenkumham Maluku langsung turun tangan membantu menyelesaikan permasalahan administrasi kewarganegaraan seorang ABG yang hadir bersama orang tuanya dalam kegiatan ini. Hal ini menunjukkan komitmen Kanwil Kemenkumham Maluku dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Salah satu peserta yang memiliki anak berkewarganegaraan ganda, merasa terbantu dengan solusi yang diberikan oleh Tim AHU Kanwil Kemenkumham Maluku.

“tadi hadir Anak Berkewarganegaraan Ganda, Ayah dari Australia dan Ibu Warga Seram Bagian Timur membutuhkan bantuan untuk memproses status kewarganegaraan Indonesia keponakannya. Tim AHU, selanjutnya  melakukan kolaborasi dengan Disdukcapil SBT, dan Kesbangpol SBT untuk menyelesaikan permasalahan administrasi ABG tersebut agar memiliki kepastian hukum atas status kewarganegaraan dari ABG tersebut,” terang Semi kepada tim Humas.

Diketahui, dari beberapa kesempatan Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Troi Prasetyo juga telah menegaskan bahwa sebisa mungkin Kanwil Kemenkumham maluku untuk terus mengambul langkah maju dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ke depannya, Kanwil Kemenkumham Maluku akan terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang mudah diakses, transparan, dan akuntabel, guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang berkualitas. (Humas/AI)

Diseminasi ABG Bula 3

Diseminasi ABG Bula 2

Diseminasi ABG Bula 4

Diseminasi ABG Bula 5

Diseminasi ABG Bula 7
Diseminasi ABG Bula 6

 


Cetak   E-mail